Pages

Senin, 26 Januari 2015

Pemanfaatan Goole Form untuk Pembuatan Formulir Sederhana

Cara Membuat Formulir Online 

di Google Docs / Google Drive

1. Silahkan kunjungi halaman Google Docs / Google Drive di url ini http://drive.google.com/
2. Silahkan log in menggunakan Account Google anda
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 13. Silahkan klik tombol Memulai
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 24. Klik tombol Buat dan kemudian klik menu Formulir
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 35. Tulis judul formulir dan setelah itu silahkan pilih thema formulir anda. Baru kemudian silahkan klik tombol Oke
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 46. Silahkan desain formulir anda. Bisa berformat pertanyaan isian atau mungkin pertanyaan pilihan ganda. Setelah itu silahkan klik tombol Selesai.
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 57. Klik tombol Kirim Formulir.
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 68. Anda bisa copas link formulir anda atau mungkin ingin memasang formulir online di blog/web anda. Jika ingin pasang di blog/web, silahkan klik tombol Sematkan.
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 79. Silahkan copas kode yang ada dalam kotak. Setelah itu, silahkan klik tombol Selesai
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 8Berikut adalah contoh formulir online yang sudah pernah saya buat. Anda bisa klik link iniuntuk melihatnya.
Cara Membuat Formulir Online di Google Docs Drive 9Nah, agar anda tahu apabila ada orang yang mengisi / mengirim formulir online ini, anda perlu melakukan setting email pemberitahuan. Caranya bagaimana? Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Cara Setting Email Notifikasi Formulir Online Google Docs / Google Drive.
Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Membuat Formulir Online di Google Docs / Google Drive. Semoga bisa bermanfaat. Jangan sampai lupa baca artikel keren lainnya di Blog Cara Ririn tentang Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools. Terimakasih sudah singgah di blog saya.

Pemanfaatan Google Docs untuk Kegiatan Penulisan

Pemanfaatan Google Docs Sebagai Media Penyimpanan Data/Tulisan 
(Artikel, Skripsi, Buku,Dll)


Siti Rafi Anggita Sari

0901098

Dijaman yang semakin maju ini, terutama dalam bidang teknologi yang semakin cepat berkembang. Sudah banyak sekali inovasi-inovasi teknologi yang telah dikembangkan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Salah satu teknologi yang cukup berkembang saat ini yaitu komputer/laptop dan internet. Mungkin kita sering sekali menggunakan komputer/ laptop dan internet untuk membantu kita dalam mengerjakan pekerjaan kantor, menyelesaikan tugas-tugas kuliah, atau mungkin untuk menulis buku. Biasanya seorang penulis ingin sekali hasil tulisannya tersebut dapat lihat oleh orang banyak baik itu berupa artikel dan bahkan dibuat mebjadi sebuah buku. File-file yang kita kerjakan atau hasil tulisan tersebut dapat tersimpan dengan baik didalam komputer/laptop yang sering kita gunakan tetapi jangan salah, disetiap kelebihan alat yang kita gunakan masih saja terdapat kekurangannya seperti file-file yang kita simpan didalam komputer/laptop bisa saja hilang atau terkena virus.

Saat ini dibidang internet sudah ada inovasi terbaru yang dapat membantu kita untuk menyimpan hasil pekerjaan kita atau tulisan yang telah kita kerjakan. Inovasi di bidang internet itu yaitu GOOGLE DOCS.

GOOGLE DOCS merupakan salah atu aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk kebutuhan manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office, mulai dari pengolahan kata (word psocessor), pengolahan lembar kerja (spreadsheet) dan persentasi (persentation). Google Docs bukan hanya dapat menyimpan saja tetapi penggunaan google docs bisa digunakan untuk membuat, mengolah menyimpan dan meng-edit dokumen kembali seperti pada saat mengedit pada microsoft office hanya saja secara online.

Awal mula adanya google docs berasal dari dua produk terpisah, Writely dan Google Spreadsheets. Writely adalah web berbasis processor (pengolah kata) yang dibuat oleh perusahaan software Upstartle dan diluncurkan pada Agustus 2005.Spreadsheet, diluncurkan sebagai Google Labs Spreadsheets pada tanggal 6 Juni 2006, berasal dari akuisisi dari produk XL2Web oleh 2Web Technologies . Fitur asli Writely termasuk kolaborasi editing teks dan kontrol akses. Menu, shortcut keyboard, dan kotak dialog sesuai dengan apa yang  diharapan pengguna dengan  pengolah kata desktop seperti Microsoft Word atau OpenOffice.org Writer. Google Docs dapat digunakan (melihat dan mengedit) dalam modus offline menggunakan Google Gears.

Adapun beberapa fitur dasar yang ada pada google docs :

·         Mengedit dan menyimpan file

·         Mengupload file

·         Mengatur hak akses

·         Bekerja secara offline dokumen

·         Mendownload atau mengunduh file

·         Fasilitas see revision histori

·         Translate dokumen

Tidak bisa kita pungkiri disetiap aplikasi-aplikasi atau program-program yang semakin berkembang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh google docs yaitu :

1.    Mudah untuk digunakan

2.    Tidak memerlukan biaya yang banyak (gratis)

3.    Kehilangan data akibat kerusakan hardisk dapat dihindari

4.    Support dan dokumentasi yang cukup lengkap

5.    Menggunakan editor WYSWYG (what you see what you get) yang sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan dll.

6.    Akses pekerjaannya dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

7.    Bekerja diberagam sistem oprasi

8.    Kemudahan mengunggah dan berbagi berkas

9.    Kontrol akses aman ( administrator dapat mengelola izin berbagi berkas diseluruh sistem dan pemilik dokumen dapat berbagi dan mencabut akses kapan saja dan setiap saat)

Selain kelebihan yang dimiliki oleh google docs ini terdapat kekurangannya juga yaitu :

1.       Membutuhkan koneksi internet

2.       Pengerjaannya harus dilakukan secara online terlebih dahulu.

Pembuatan Email dan Pemanfaatan Media Penyimpanan (Google Drive) secara online (Cloud Server)

Membuat Email Gratis di Gmail (Google Mail)

Ini adalah layanan email gratis favorit saya. Selain bisa membuat email dengan gratis, kita juga bisa membuat akun Google plus dengan mudah bila sudah memiliki akun Gmail.
1. Langkah pertama, kunjungi situs Google mail
2. Klik tombol “Create an account” atau “Buat akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Google mail.
3. Isi kolom-kolom yang ada pada halaman pengisian dengan data Anda:
  • Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  • Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
  • Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  • Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
  • Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  • Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
  • Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
  • Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  • Klik tombol “Langkah berikutnya”
4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda dengan menambahkan foto profile Anda. Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto Profil”. Anda bisa memasukkan foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto profil, klik tombol “Langkah berikutnya”.
5. Voila, akun email di Google sudah selesai dibuat. Silahkan klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.


Selama beberapa waktu media online termasuk blog banyak sekali yang membahas rumor kehadiran penyimpanan online versi Google yang berbasis komputasi awan (cloud computing) yang disebut Googe Drive. Melalui blognya, pada tanggal 25 April 2012, akhirnya Google menyampaikan informasi resmi tentang peluncuran Google Drive. Untuk tahap awal, Google memberikan fasilitas penyimpanan 5 GB gratis, selanjutnya user bisa menambah kuota penyimpanan dengan biaya yang sudah ditentukan seperti 15 GB dengan biaya $2,49/per bulan, 100 GB dengan biaya $4,99/per bulan atau 1TB dengan biaya $49,99 per bulan.


Masih menurut blog resmi Google, layanan Google Drive terintegrasi dengan semua paket layanan Google seperti Google Docs, penyimpanan foto, video bahkan OS dengan perangkat Android, Gmail dan masih banyak lagi. Untuk pengguna Android program Google Drive juga sudah bisa didownload. Layanan Google Drive sangat bermanfaat sekali karena bisa menyimpan dan membuat lebih banyak dokumen secara leluasa.

Manfaat apa saja yang bisa kita raih dengan hadirnya Google Drive?
1. Penyimpanan Data Online
Yang pasti kehadiran Google Drive memberikan kesempatan bagi kita untuk memberikan alternatif tempat penyimpanan data. Data adalah aset yang sangat berharga yang harus dilindungi dan dirawat. Media penyimpanan yang sering dipakai saat ini adalah Flash drive, Harddisk, atau CD/DVD. Dengan hadirnya media penyimpanan online maka keberadaan data akan bisa akses dimanapun dengan catatan harus ada akses internet tanpa repot membawa media penyimpanan data.Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia, tidak semua tempat memiliki akses internet yang memadai. Beberapa sahabat saya mengeluhkan lemotnya akses internet, sehingga tidak jarang membuat user frustasi.

2. Sarana berbagi file.
Keuntungan lain media penyimpanan online adalah adanya feature untuk berbagi data tersebut dengan orang lain, contohnya Google Doc. Dengan Google Doc kita bisa membuat sebuah tulisan yang file tersebut bisa dishare dengan teman-teman sehingga kami bisa saling bekerja sama tanpa harus bertemu tatap muka. Walhasil pekerjaan pun menjadi cepat selesai.Keuntungan lain yang bisa dinikmati adalah bisa upload semua dokumen office ke Google Doc, sehingga tidak perlu kawatir dokumen tersebut hilang. Dengan menu upload semua dokumen bisa kita pindahkan ke Google Doc dengan cepat. Folder pun bisa kita buat layaknya seperti menggunakan komputer biasa. Dengan pelayan Google Drive, space penyimpanan menjadi lebih banyak sehingga dokumen yang bisa diupload atau dibuat akan lebih banyak pula. Dengan Google Doc user tidak perlu instal word processornya, cukup masuk ke Google Doc. Keberadaan Google Doc membuat user hemat karena tidak perlu install software word processor ke komputer.Lepas dari keuntungan penggunaan layanan penyimpanan data online, satu hal yang harus menjadi perhatiaan adalah keamanan akun kita. Kita harus pintar-pintar proteksi keamanan akun tersebut. Kita harus sadar jika satu akun di Google dipergunakan untuk akses semua feature yang ditawarkan Google. Jadi password dan username adalah satu pasang kunci sakti yang harus dijaga baik-baik.

Penggunaan Fungsi Absolut pada MS. Excel

Menggunakan Fungsi Absolut Pada Microsoft Excel

Absolut Pada Excel adalah angka yang tidak dapat berubah pada saat rumus telah dicopy paste atau dimasukan dalam beberapa cell pada Microsoft excel .

Rumus absolut microsoft excel penting untuk kita pelajari sebab penggunaan fungsi absolut dapat mempermudah pembuatan aplikasi khususnya perhitungan . anda juga dapat membaca Cara Mudah Menggunakan Microsoft Excel. Sampul Ilmu Kali ini Menjelaskan Tentang Cara Menggunakan Fungsi Absolut Pada Microsoft Excel. 

Bentuk Penulisan Rumus Absolut:
=$A$1

Keterangan Rumus
Fungsi Absolut pada Microsoft Excel ditandai dengan tanda $(Dolar)

Untuk Langkah-langkah Penggunaan Rumus Absolut adalah sebagai berikut :

Buatlah tabel pada Microsoft excel  seperti gambar dibawah ini :
Keterangan Gambar:
Pada Cell (B2) Masukan Angka  9800 (Diumpamakan 1 Dolar = 9800 Rupiah)
Pada Cell (A4) Ketikan Jumlah Dalam Dolar ($)
Pada Cell (B4) Ketikan Jumlah Dalam Rupiah (Rp)
Pada Cell (A5) masukan Angka 1
Pada Cell (A6) masukan Angka 2
Pada Cell (A7) masukan Angka 5
Pada Cell (A8) masukan Angka 11
Pada Cell (A9) masukan Angka 25

Masukan Rumus Absolut Pada Cell B5 untuk cara mengunakan rumus lihat pada gambar dibawah ini:
Keterangan Gambar
Pada Cell (B5) Ketikan =B2 kemudian tekan F4 Pada Keyboard untuk membuat absolut secara otomatis B2 akan berubah menjadi $B$2 setelah itu kalikan dengan cell (A5) jadi bentuk rumus dalam cell B5 adalah =$B$2*A5
Dari rumus diatas dapat disimpulkan bahwa harga 1 dolar adalah 9800 rupiah

Untuk pembuatan rumus fungsi absolut pada cell B6,B7,B8, B9 dan seterusnya sama seperti point ke 2. Hanya yang membedakan adalah cell-cellnya bentuk rumus fungsinya adalah sebagai berikut:
Pada Cell (B6) =$B$2*A6
Pada Cell (B6) =$B$2*A7
Pada Cell (B6) =$B$2*A8
Pada Cell (B6) =$B$2*A9

Apabila pada lembar kerja anda cell yang menggunakan rumus tersebut banyak, dan membutuhkan waktu untuk menulis rumus satu persatu. Anda dapat menggunakan cara sebagai berikut :
  1. Terlebih dahulu Buatlah Rumus Absolut Pada Cell (B5)
  2. Kemudian clik pada cell B5 arahkan pointer anda tepat disebelah kiri bawah cell B5 hingga muncul tanda tambah (+) kemudian clik tahan geser kebawah sampai pada cell terakhir kemudian lepas clik yang sebelumnya ditahan maka secara otomatis rumus absolut akan terpasang pada cell yang berada pada area yang terblok tadi.

Semoga  Bermanfaat.

Penggunaan Formula pada MS. Excel untuk Perhitungan Aritmatika dan Statistika Dasar

Formula pada Ms. Excel

Selain fungsi, banyak juga yang menanyakan bagaimana penggunaan operator seperti tanda +, -, *, /, dan lain-lain.
Berikut adalah kategori dan daftar operator yang ada pada Microsoft Excel 2007 dan keterangan untuk membantu menjelaskan penggunaannya :
  • Operator Aritmatika
    • + (tanda plus) : digunakan untuk menjumlahkan dua nilai.
    • - (tanda minus)  : digunakan untuk mengurangi dua nilai, atau digunakan sebagai tanda negasi pada suatu angka konstanta.
    • * (tanda bintang)  : digunakan untuk mengalikan dua nilai.
    • / (tanda garis miring)  : digunakan untuk membagi suatu nilai dengan nilai lainnya.
    • % (tanda persen) : digunakan untuk merepresentasikan nilai persentase.
    • ^ (tanda sisipan) : digunakan sebagai tanda pangkat.
Gambar 1 : Contoh Penggunaan Operator Aritmatika
  • Operator Perbandingan Nilai
    • = (tanda sama dengan)  : menunjukkan apakah nilai yang satu sama dengan nilai lainnya.
    • > (tanda lebih besar)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih besar dengan nilai lainnya.
    • < (tanda lebih kecil)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil dengan nilai lainnya.
    • >= (tanda lebih besar sama dengan)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih besar atau sama dengan nilai lainnya.
    • <= (tanda lebih kecil sama dengan)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil atau sama dengan nilai lainnya.
    • <> (tanda lebih kecil dan lebih besar) : menunjukkan ketidaksamaan antara dua nilai.
Gambar 2. Contoh Penggunaan  Operator Perbandingan Nilai
  • Operator Penggabungan Teks
    • & (tanda dan / ampersand) : digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih teks.
Gambar 3. Contoh Penggunaan Operator Penggabungan Teks
  • Operator Referensi
    • : (tanda titik dua) : operator range (rentang nilai) yang mengambil dua referensi sel sebagai awal dan akhir rentang nilai.
    • , (tanda koma) : operator union yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih referensi menjadi satu referensi sel.
    •   (tanda spasi) : operator irisan yang digunakan untuk menghasilkan perpotongan dari dua referensi atau lebih menjadi satu referensi sel.
Gambar 4. Sumber Data
Contoh 5. Contoh Penggunaan Operator Referensi (dibantu dengan fungsi SUM)

Demikian para pengunjung BelajarExcel.info, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baru!!: Buat  para pengunjung yang ingin menguji kemampuan Anda dengan berbagai soal Excel, silahkan kunjungi situs kami di http://soal-latihan.belajarexcel.info. Setiap soal akan dikirimkan skornya langsung ke email Anda.