Saya akan berbagi tentang cara membuat surat masal dengan menggunakan
fungsi mail merge pada microsoft office word. Untuk membuat surat masal pada
microsoft office word, ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Buat template surat yang akan dibuat
surat masal
2.
Klik menu mailings pada menu bar,
selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
3.
Pada popup menu, pilih Type New List.
4.
Selanjutnya akan muncul jendela new
address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda
buat.
5.
Hapus data yang ada pada field name, dan
sisakan data sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian ganti nama field sesuai
dengan data pada surat anda. Jika anda menghapus field name, usahakan dari
bawah ke atas untuk memudahkan menghapus data field.
6.
Selanjutnya klik OK dan pilih OK lagi
pada jendela new address list. kemudian anda akan dibawa pada folder dimana
database anda akan disimpan. Kemudian beri nama data base anda dan simpan.
7.
Langkah selanjutnya, buka folder dimana
database anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format
access.
8.
Isi database anda sesuai yang anda
inginkan dan simpan.
9.
Selanjutnya buka lembar kerja ms word
anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
10.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.
11.
Klik anak panah kekanan atau kekiri pada
preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar