Microsoft word 2007
merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007.
Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki
beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan
tulis-menulis ,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama,
brosur,dll dengan lebih baik.
Microsoft word 2007 telah
mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya
yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana
memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007.
Memulai menggunakan Word 2007
Untuk menggunakan dan
mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik menu START pada
taskbar
2. Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Word 2007
Mengenal Bagian Dokumen / Interface
1. Tombol Office adalah tombol yang
terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuka dokumen, menyimpan
dokumen dsb
2. Quick Access Toolbar adalah
toolbar yang berisi sejumlah perintah Customize quick access toolbar
3.
Customize Quick Access Toolbar adalah tombol untuk memodifikasi perintah-perintah Microsoft Word 2007
pada Quick access toolbar
4. Tab adalah bagian berbentuk
tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengan kelompoknya yang terdiri
dari grup perintah Tab Home, Tab Insert, Tab Page Layout, Tab References,
Tab Mailings, Tab Review dan Tab View
5.
Tombol pengatur jendela terdiri dari :
a. Minimize adalah tombol untuk meminimalkan
jendela
b. Maximize adalah tombol untuk memaksimalkan
jendela
c. Close adalah tombol untuk menutup jendela
6.
Lambang tab adalah ciri atau tanda
posisi tab baris atau paragraf
7. Tombol dialog adalah tombol yang
digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi perintah-perintah yang
disimpan di dalamnya
8.
View Ruler adalah bagian fasilitas
untuk mengatur garis mistar secara horisontal dan vertikal
9.
Ruler adalah bagian fasilitas
untuk mengatur margin atau tabulasi
10. Baris Penggulung adalah bagian fasilitas untuk
menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal
11. Baris Status adalah bagian fasilitas yang berisi
nomor halaman, zoom dsb
12. Halaman Kerja adalah media kerja berwarna putih
yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan
13.Pengatur Tampilan Halaman
Kerja adalah bagian fasilitas
untuk mengatur penampilan halaman kerja, seperti print layout, full screen
reading, web layout, outline dan draft
14.Zoom adalah bagian fasilitas untuk
mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk memperbesar dan tombol
minus sebaliknya.
Mengenal Elemen Jendela Word
Menu Bar
Menu bar bisa dibilang
sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar
terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
Jendela ini umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi
tertentu. Tampilan Ms. Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang berisi kumpulan
toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word
2007. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007
secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam
keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word
2007.
1. Home
Home merupakan menu utama yang akan
tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari
toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan
editing serta clipboard.
2. Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi
ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations,
Links, Header & Footer, Text, Symbol.
3. Page Layout
Tab page Layout digunakan untuk
mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberiwarna background
pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada teks dan
mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page
Background, Paragraph, Arrange.
4. References
Tab References. References terdiri
dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions,
Index, Table of Authorities.
Tab ini dugunakan untuk memasukkan
berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan
gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab references.
5. Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail
merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings
terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview
results, finish.
6. Review
Tab Review berguna untuk mengecek
kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari : proofing
Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
7. View
Tab View digunakan untuk menampilkan
atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan
garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan
layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi
dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar